RSS
Kumpulan panduan membikin website dg bahasa yang mudah dipahami dan diuraikan secara step by step
rahasia search engine

Bagaimana Membuat Nama Domain dan Hosting Internet Gratis (Bagian 2)

Sunday, February 7, 2010

Hai temans, para netter ... senang sekali bisa kembali mem-posting tulisan di blog ini. Sesuai janji saya, kali ini saya akan berbagi dengan anda mengenai bagaimana membuat nama domain dan hosting internet gratis (Bagian 2).

Sebagaimana yang telah saya uraikan di Bagian 1, jika anda mempertimbangkan hal yang no. 1, maka pilihan anda jatuh pada SOCIAL WEBLOGING, WEBLOG atau biasa disebut BLOG alias WEBLOG GRATIS atau BLOG GRATIS. Banyak sekali penyedia blog gratisan ini diantaranya yang sangat terkenal adalah BLOGGER, WORDPRESS, MULTIPLY, dan masih banyak lagi anda bisa search di internet dengan kata kunci : "blogging services" atau "blogging sites".

Saya hanya akan paparkan bagaimana membuat Blog dengan Blogger saja untuk yang lain anda bisa pelajari sendiri karena pada intinya tidak akan jauh berbeda. Kenapa Blogger yang saya pilih ?, alasannya adalah :
  1. Blogger adalah buatan Google, jadi jelas akan search engine friendly, atau Google akan memberikan layanan khusus buat blog buatannya.
  2. Blogger mempunyai kecepatan akses yang luar biasa cepat, karena di dukung oleh banyaknya server Google di seluruh dunia.
  3. Blogger memberikan keleluasaan yang tinggi untuk berimprovisasi, karena kita diperbolehkan menulis Javascript (lihat definisi Javascript di Wikipedia). Di postingan berikutnya anda akan merasakan manfaatnya dengan adanya fasilitas ini. Penyedia2 blog gratis lainnya banyak yang melarang kita memposting dg Javascript ini.
Baiklah, untuk mulai membuat Blog ini langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Anda harus sudah memiliki email, sebaiknya email dari Google juga, kalau belum punya bisa di buat melalui link : http://mail.google.com mudah sekali cara membuatnya, tinggal ikuti perintah2 yang  muncul.
  2. Setelah anda memiliki email dari Google, langkah berikutnya adalah mendaftar ke Blogger melalui alamat link http://www.blogger.com kemudian akan muncul layar seperti berikut :

     
  3. Klik menu BUAT BLOG, dan akan muncul halaman seperti berikut :


  4. Isikan alamat email Google anda dan isikan semua kolom yang diminta dengan data-data pribadi anda.
  5. Kemudian jika sudah, maka akan muncul halaman berikut :


  6. Kemudian isikan judul blog dana nama blog anda dengan nama yang sudah anda pilih, masih ingat kan tip saya sebelumnya? Kalau lupa lihat tips memilih nama domain di postingan saya terdahulu. Nah jika sudah disikan nama domain anda, maka cek dahulu ketersediannya dengan meng-klik menu dibawah kolom isian nama domain seperti gambar di atas. Nama domain anda akan berakhiran xxxx.blogspot.com Jika nama domain anda tersedia, maka lanjutkan ke menu berikutnya, seperti halaman di bawah ini :

  7. Di sini anda diminta untuk memilih template blog anda yang sesuai dengan judul atau temo blog anda, jangan khawatir, template atau tampilan blog anda nanti dapat anda ganti2 sesuka hati anda. Di postingan saya yang lain akan saya paparkan Tips Mengganti Template pada Bloggger.

    Anda juga akan diminta memasukkan nomor handphone anda, ini digunakan untuk mengaktikan fitur Blogger Mobile dan kemudian Blogger akan mengirimkan SMS kode verifikasi ke nomor HP anda dan anda diminta untuk memasukkan kode tersebut ke isian yang disediakan. Lakukan saja ...

  8. Kemudian jika sudah selesai anda akan mendapatai halaman berikut :

     


    Kemudian anda bisa MULAI BLOGGING, dan di halaman berikut anda dapat mengekspresikan semua pikiran dan ide2 anda seluas-luasnya bahkan anda bisa mendapatkan uang dari Blog anda, nanti saya akan paparkan bagaimana mendapatkan uang dari nge-Blog atau Blogging.

     

    Selamat sekarang  anda sudah menjadi BLOGGER ...

    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 comments:

    Post a Comment