RSS
Kumpulan panduan membikin website dg bahasa yang mudah dipahami dan diuraikan secara step by step
rahasia search engine

Tips Memilih Nama Domain

Wednesday, January 27, 2010

Halo temans para netter, apa kabar? semoga masih setia mengikuti postingan2 saya. Sekarang saya ingin berbagai kepada anda tentang bagaimana memilih nama domain sebuah website. Kenapa nama domain begitu penting untuk dibahas? Jawabnya adalah karena kita inginkan "traffic". Traffic atau lalulintas ke sebuah website adalah idaman bagi semua pencipta website. Semakin sering website dikunjungi orang, maka pesan yang ingin kita sampaikan akan semakin banyak orang yang mengetahuinya. Lalu apa hubungannya nama website dengan traffic website? Tentu anda sudah mengenal Google bukan? Jika anda ingin mencari sebuah konten di internet, maka anda selalu meminta bantuan Google bukan? lalu anda akan menuliskan kata kunci (keyword) yang sesuai dengan konten yang akan kita cari sebagai contoh kata kunci misalnya : "kamera digital", "belajar bermain gitar" dll. Dalam hitungan detik Google akan menampilkan alamat-alamat website yang memuat isi dari kata kunci yang kita cari.

Google menampilkan hasil dari halaman pencarian berdasarkan ranking dari halaman tersebut atau biasa disebut "pagerank". Jika website kita memiliki ranking yang tinggi untuk suatu kata kunci tertentu, maka ketika kata kunci tersebut di cari melalui mesin pencari Google, website kita akan tampil di halaman pertama, bahkan bisa nomer satu. Bagaimana Google membuat kalkulasi ranking ini, nanti akan kita bahas di tingkat lanjut. Nah, sebagai siasat sederhana adalah dengan menyamakan nama domain dengan kata kunci. Ini adalah modal awal untuk meningkatkan ranking website kita untuk kata kunci yang kita pilih.

Saya akan berikan tips sederhana mengenai bagaimana memilih nama domain yg baik. Anggaplah anda sudah menemukan ide tema untuk website yang hendak diangkat, misal : "desain rumah tinggal", maka kita akan coba analisa apakah nama domain ini adalah nama terbaik yg kita pilih ....

Google telah menyediakan Tools gratis yang sangat berguna untuk ini, yakni Google Keyword Tool. Google Keyword Tool adalah bagian dari menu bantuan Google Adwords. Anda bisa mengakses Google Keyword Tool dari alamat http://adwords.google.com/ kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini :


kemudian klik menu Get Keyword Ideas (di dalam lingkaran merah), maka tampilan akan menjadi seperti ini :


kemudian tuliskan nama domain yang kita pilih tadi ke kolom isian yang telah di sediakan, kemudian klik menu Get Keyword Idea, maka akan ditampilkan hasil seperti berikut :


 

Dari hasil ini kita lihat bahwa kata kunci "desain rumah tinggal" hanya dicari orang sebanyak 1.300 kali sebulan, sedangkan jika kita memakai kata kunci "gambar rumah" dicari orang sebanyak 60.500 kali sebulan, dan kata kunci "desain rumah" dicari sebanyak 49.500 kali sebulan.

Dari sini kita bisa melihat bahwa kata kunci terbaik adalah "gambar rumah" karena paling banyak dicari setiap bulannya. Nah dengan demikian anda sekarang tinggal membuat nama domain yang mengandung kata-kata "gambar rumah", misal : http://www.gambar-rumah.com/, atau http://gambar-rumah.blogspot.com/.

Selain Google Keyword Tools juga ada versi lainnya yakni Free Keyword Tracker atau versi Shareware (berbayar) seperti Internet Research Scout dan Keyword and Idea Manager downloadable Software

Gampang kan ??? Nah berikutnya setelah kita selesai memilih nama domain, sekarang tinggal membuat nama domain yang kita pilih di internet, untuk itu nantikan postingan saya berikutnya mengenai Bagaimana Membuat Nama Domain Gratisan di Internet.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment